Perubahan sosial di lingkungan masyarakat ..

Posted: December 10, 2010 in Uncategorized

Perubahan Sosial Di lingkungan sekitar kita

 

Dalam era kehidupan sekarang seseorang atau sekelompok golongan tertentu telah mengalami pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tidak mudah untuk di hindari bahkan seolah-olah telah melekat dalam hidup dan kehidupan masyarakat sekarang ini. Hal tersebut terlihat adanya perubahan sosial yang sedemikian cepatnya dimana perubahan tersebut bisa di lihat dari aktivitas individu, keluarga dan masyarakat lingkungan kita.

 

-          Dahulu masyarakat senang bergotong-royong dalam melakukan kegiatan sosial antara lain bapak-bapaknya dan remaja putra bekerja bakti, membersihkan lingkungan, sementara ibu-ibunya dan remaja putrinya mempersiapkan konsumsinya.

Sekarang sudah terlihat kebersamaan tersebut mulai berkurang karena pengaruh pola hidup individu masyarakat tersebut, terutama di lingkungan perumahan golongan masyarakat ekonomi menengah ke atas.

 

-          Dahulu pola masyarakat berdagang dengan cara menawarkan dagangannya sambil berjalan kaki atau bersepeda, sekarang kita melihat orang berdagang di lingkungan masyarakat kita dengan cara menawarkan dagangannya menggunakan fasilitas yang lebih efektif yaitu dengan menggunakan sepeda motor bahkan kita melihat sudah ada yang menggunakan kendaraan beroda empat ( mobil ).

 

-          Kita melihat perubahan pola bermain anak-anak yang dahulu dengan cara bersama-sama dengan menggunakan fasilitas secara alamiah seperti bermain mobil-mobilan yang dibuat dari kulit jeruk bali dari papan dari kardus dan dibuat secara bersama-sama. Sekarang pola bermain anak-anak sudah berubah dan lebih pada sifat individu antara lain anak-anak sekarang lebih senang bermain game online di warnet.

Kita melihat perubahan anak-anak yang sedemikian pesatnya karena pengaruh teknologi dan perubahan sosial kehidupan masyarakat. Perubahan tersebut tidak bisa dihindari namun perlu penanganan yang cukup serius dari orangtua di lingkungan keluarga dan lembaga pendidikan dilingkungan dimana anak-anak tersebut menuntut ilmu.

 

-          Perubahan sosial lainnya yang terjadi di lingkungan masyarakat antara lain dalam merayakan sesuatu acara tertentu misalkan acara ulang tahun anak-anak dahulu di rayakan di rumah masing-masing dengan cara sederhana sekarang ke cendurungan orangtua ingin merayakan ulang tahun anak-anaknya di restoran-restoran terkenal.

Juga dalam acara pernikahan dahulu keluarga dalam merayakan pernikahan putra putrinya di rumah masing-masing sekarang lebih banyak menyelenggarakan acara pernikahan di gedung-gedung tertentu.

 

-          Waktu piala dunia satu RT pada berkumpul untuk menonton piala dunia di layar lebar sekarang sudah punya televisi sendiri jadi tidak nonton di layar lebar

 

-          Pada malam bulan suci ramadhan dahulu masyarakat banyak yang bertadarus membaca al-qur’an bersama-sama di masjid, di mushola tapi sekarang terlihat sudah mulai berkurang karena faktor kesibukan dunia yang lebih mempengaruhi pola kehidupannya dengan alasan kebutuhan ekonomi.

 

-          Sholat  tarawih pada bulan suci ramadhan dahulu di masjid atau musholla di lingkungan masyarakat tertentu  sangat ramai sampai tidak kedapatan tempat tapi sekarang sudah berkurang karena sebahagian melaksanakan sholat tarawih di kantor-kantor, di rumah, dan di tempat-tempat lain yang di selenggarakan oleh kelompok-kelompok tertentu

 

-          Remaja  jaman sekarang lebih suka pada musik-musik luar negeri daripada musik indonesia, hal tersebut terjadi karena pengaruh perkembangan teknologi yang sering terlihat di layar televisi maupun di berita online lainnya.

 

-          Dahulu para pejabat atau pimpinan suatu lembaga pemerintahan menunjukan pola hidup yang lebih bermasyarakat tapi sekarang para pejabat dan pemimpin tersebut lebih mementingkan kepentingan individunya di bandingkan kepentingan di masyarakat lingkungannya.

 

-          Kita sering mendengar dan membaca dari berita-berita elektronik maupun berita tercetak kehidupan para anggota dewan perwakilan rakyat yang sudah tidak terlihat memperjuangkan rakyat bahkan terkesan menghabiskan uang rakyat, hal ini terjadi karena pola hidup yang lebih mementingkan kepentingan individunya dibandingkan dengan kepentingan rakyat yang di wakilinya.

 

-          Komunikasi di era globalisasi yang kita lihat sekarang ini, jarak komunikasi sejauh apapun sudah tidak menjadi hambatan. Semua sudah lebih mudah setiap individu untuk berkomunikasi dengan berbagai fasilitas antarlain  handphone yang bisa telpon dan sms ( short message service ) dan mudah di bawa kemana-mana, internet yang memudahkan komunikasi secara multimedia. Padahal dahulu komunikasi itu sebagian besar lewat kantor pos yang relatif lebih lama.

 

-          Dahulu seorang pekerja penjahit pakaian tidak menggunakan alat atau mesin untuk menjahit yaitu menggunakan tangan. Tetapi sekarang para penjahit di sekitar lingkungan sudah memakai mesin jahit untuk memudahkan pekerjaan.

 

-          Dulu orang susah mencari air sekarang sudah ada pompa air

-          Waktu dulu banyak sekali pohon-pohon yang besar tetapi sekarang sudah dibuat untuk perumahan mewah, jalan tol, tempat rekreasi , dll

Edited by post admin ( jihad)

Comments
  1. baeenotvia says:

    thx bwt bacaan’y berguna bgt bwt pr adeQ

  2. baeenotvia says:

    thx bwt bacaannya berguna bgt bwt pr adeQ

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s