Kasus Perekonomian Internasional

Posted: June 3, 2015 in Aspek Hukum Ekonomi

Dalam di dunia ekonomi banyak sekali kasus-kasus yang terjadi, tidak usah secara internasional di dalam negeri kita sendiri juga banyak kasus ekonomi seperti Korupsi, korupsi menjadi masalah serius di negeri ini. Hampir di semua bidang terjadi korupsi dan suap-menyuap baik itu “kelas teri” maupun “kelas kakap”. Akibatnya bermacam-macam, mulai dari program pemerintah yang menjadi kacau, penegakan hukum menjadi lemah, dan pemborosan anggaran.

Korupsi adalah salah satu contoh kasus masalah ekonomi di indonesia, lalu ada beberapa masalah yang terjadi antara negeri kita dengan negara lain seperti Indonesia tidak mengekspor kelapa sawit ke negara iran, pemerintah Indonesia dan Malaysia pun kini sudah menghentikan penjualan kelapa sawit mereka kepada Iran karena tidak mengambil resiko Iran akan gagal membayar. Aksi Indonesia dan Malaysia ini telah menambah efek sanksi ekonomi yang diterapkan Amerika Serikat sejak akhir 2011 lalu.kedua negara di Asia Tenggara tersebut selama ini menjadi pengeskpor kelapa sawit terbesar ke negara mullah tersebut.Akibat penghentian ekspor dari Indonesia dan Malaysia itu, posisi Iran secara ekonomi kini semakin tertekan. Negara mullah itu harus mampu mencari negara lain yang bersedia menjual kelapa sawit kepada mereka.
Kasus diatas termasuk kedalam contoh kasus ekonomi makro dan cara penyelesaian untuk kasus diatas adalah Iran mencari Negara yang menjual kelapa sawit kepada Negara mereka lagi agar ekonomi di Negara tersebut tidak tertekan .Dan Iran juga harus membayarnya supaya Negara yang mengekspor tidak kecewa lagi seperti kasus atas gagalnya membayar diIndonesia dan Malaysia.

kasus kasus tersebut diatas adalah kasus yang dapat memperburuk kondisi ekonomi dalam negara sendiri, ataupun negara lain yang bersangkutan, lalu ada kasus perekonomian internasional yang tidak kalah buruknya seperti yang sudah biasa kita dengar seperti contoh

NUKLIR IRAN IKUT TEKAN HARGA MINYAK

Singapura– Harga minyak kembali jatuh pada awal perdagangan, Senin, 16 Maret 2015. Harga minyak mentah Amerika Serikat sempat turun ke US$ 43,56 per barel pada perdagangan awal, titik terendah sejak Maret 2009, sebelum kembali naik menjadi US$ 44,19 per barel. Harga minyak Brent juga turun US$ 41 sen menjadi US$ 54,26 per barel.

Penurunan harga sejalan dengan dengan berkurangnya kapasitas penyimpanan minyak cadangan dan peluang dibukanya ekspor minyak Iran jika pembicaraan mengenai nuklir mencapai kesepakatan. Pembicaraan mengenai nuklir akan dilakukan pekan ini setelah Amerika Serikat dan Eropa menyatakan bersedia berkompromi dan menangguhkan sanksi PBB, yang juga mempengaruhi ekspor minyak.

“Prospek meningkatnya penjualan minyak Iran sebagai bagian dari kesepakatan baru dalam beberapa bulan ke depan hanya akan memperburuk kelebihan pasokan OPEC dan mendukung outlook bearish kami,” demikian penjelasan Barclays seperti dilansir Reuters, Senin, 16 Maret 2015.

Dewan Minyak Dunia menyatakan harga minyak yang rendah akan berdampak pemangkasan investasi. Presiden Dewan Minyak Dunia Jozsef Toth mengatakan harga minyak sekarang di bawah level yang memungkinkan perusahaan melakukan eksplorasi dan produksi di daerah-daerah yang sulit. “Akibatnya, sebagian investasi harus dipangkas,” kata Toth.

Sementara itu, Cina memanfaatkan penurunan harga minyak dunia untuk membangun cadangan miyak strategis (strategic petroleum reserve). Namun sejumlah analis mengatakan kapasitas cadangan tambahan baru akan tersedia pada akhir 2015.

dalam berita diatas kita bisa mebayangkan apa yang terjadi pada perekonomian international apabila harga minyak terpengaruh dikarenakan akibat nuklir di iran.

Itulah beberapa kasus perekonomian yang terjadi dalam kehidupan kita atau dalam kehidupan diluar negeri sana, ada baiknya kita menyimak semua hal yang terjadi lalu mengevaluasinya

sekian artikel dari saya, kurang lebihnya mohon maaf

Nama : Muhammad Nurul Jihad Alfalah

Kelas : 2EB21

NPM : 25213155

Tugas Softskill Akhir ” Aspek Hukum Dalam Ekonomi”

Referensi :

http://hedisasrawan.blogspot.com/2013/02/permasalahan-ekonomi-di-indonesia.html

http://bisnis.tempo.co/read/news/2015/03/16/087650413/pembicaraan-nuklir-iran-ikut-tekan-harga-minyak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s